PERLUNYA BIMBINGAN KONSELING DI SEKOLAH

Bimbingan Konseling (BK), dulu Bimbingan penyuluhan (BP), sejak dulu sampai sekarang masih saja diojadikan sebagai “anak tiri” dalam pelaksanaan pendidikan. Banyak diantara sekolah-sekolah saat ini seolah-olah mengabaiokan pelaksanaan Bimbingan Konseling (Guidance and Caunsseling). Yang sangat disayangkan, beberapa orang kepala sekolah, justru tidak mendukung pelaksanaan Bimbingan Konseling, buktinya lihatlah beberapa KTSP , kalaupun ada hanya sekedar saja. Padahal kalau mau tau, sebetulnya justru dari Bimbingan Konselinmg inilah akan diketahui segala potensi anak, baru selanjunta dididik oleh guru. Prof. Dr. Prayitno Msc.Ed pakarnya Bimbingan Konseling Indonesia, sering dengan lantang mengatakan, Bimbingan Konseling itu, sangat penting untuk kemajuan pendidikan nasional. bagaimana pendapat rekan-rekan guru yang lain ????

About these ads

7 responses to “PERLUNYA BIMBINGAN KONSELING DI SEKOLAH

  1. sophia laura tobing

    bimbingan konseling sangat penting dalam pendidikan sekarang,bagaimana kita melakukan pendekatan untuk lebih memahami keadaan siswa sekarang.ohya pak,sekarang saya memegang BK di STM yang notabene siswanya laki2 semua.apakah ada masukan bapak untuk menghadapi siswa2 yang bandel2?

  2. Betul BK sgt penting, namun sayangnya banyak Madrasah sangt mengbaikan peran BK, bahkan BK selalu diperadigmakan sbg tempat bermasalah bagi siswa,pdhal tugas BK mengkombinasikan 3 unsur, antisipatif, kuratif, dan konstruktif.BK bs dkatakan sbeagai tempat solutif yg bijak, bkn dg cara keras yang sering dilakukan banyak guru.
    Kini sewajarnya BK masuk dikelas2,namun saya aneh di madrasah banyak BK yang hanya dipajang di etalase ruangan, sekan menunggu maslaah tibu,
    Pizaro Guru BK MAN 2 Jakarta dan Ketua Umum Forum Komunikasi Mahasiswa BK Islam SeIn donesia

  3. Hal yang harus kita lakukan dan terpenting saat ini adalah perlunya sosialisasi program Bimbingan dan Konseling di Sekolah agar semua unsur sekolah mengetahui akan fungsi dan perannya layanan BK dalam mencapai keberhasilan siswa dalam belajar sesuai dengan potensi sehingga mencapai prestasi yang optimal. Action dari personal BK juga harus menunjukkan komitmen yang menjunjung tinggi nilai nilai moral,etika dan estetika yang berlaku dilingkungan sekolah dan masyarakat pada umumnya.

  4. Ini sebenarnya refleksi kejengkelan saya saja. Guru BK yang tugasnya membantu siswa mengatasi masalah seharusnya mampu menyelesaikan masalahnya (yg berkaitan dengan kepribadian). Eh ini malah bermasalah. Akibatnya program BK macet secara fungsional, kayaknya sih jalan aja cuma sekedar formalitas memenuhi tuntutan dokumentatif ( sertifikasi, he…heee.)Aku protes keras ini kan berarti mengorbankan hak siswa utk memperoleh layanan. Seharusnya tidak menunggu kasus. Kembangkan achievement motivation. Susah sih ngomong sama tembok! Memang Kepala Sekolah harus memfasilitasi sepenuhnya. Guru BP juga harus inovatif dan ah sekarang nggak susah deh cari ispirasi, buku, internet udah kayak gitu…

  5. memang benar BK d anak tirikan dlm dunia pendidikan, pdhl BK sangat menunjang siswa dlm aspek psikisnya. Banyak orang yang hanya konsen terhadap fisiknya saja. Jika fisiknya terluka (sakit) ia langsung pergi ke dokter, tp jika psikisnya mengalami gangguan ia tidak langsung memeriksakannya ke Psikiater atau Psikolog. Ironis sekali. padahal Psikis lebih penting dr Fisik.

  6. DRS.GABRIEL L.MUSSA

    Saya guru prmbimbing pada SMA RSBI Negeri 3
    Kupang-NTT,tunjukan kinerja,jemput bola,tidak perlu menunggu apa yang hendak dikerjakan.Olehnya saya mohon dikirimkan program bk(lengkap),RPP,Silabus,sebagai bahan pembanding dengan program yang ada,untuk dikembangkan disekolah kami.

  7. sebetulnya guru BK yang aktif dan programnya jalan tidak akan dianaktirikan, yang penting kita harus selalu kontak dengan kepala sekolah dan personal lainnya, jangan hanya diam di ruang BK. kerjasama juga dengan wali kelas dan guru-guru. Kita harus jemput bola jangan hanya menunggu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s