“RENUNGAN” UJIAN NASIONAL 2007


Oleh : Wannef Jambak.

Ujian Nasional tahun 2007 sudah diambang pintu, yakni sekitar bulan April 2007. Itu artinya, sudah tidak ada lagi waktu untuk main-main bagi siswa yang akan mengikuti ujian. Dari dulu sampai sekarang yang namanya Ujian Nasional merupakan hal yang paling ditakuti oleh siswa.Pedoman UN 2007
Bukan hanya siswa saja, bahkan guru-gurupun ikut sibuk sana-sini mempersiapkan segala sesuatu yang berkenaan dengan persiapan ujian nasional tersebut. Takut kalau-kalau materi ujian nasional yang keluar nanti belum penah diajarkan. Apalagi sekarang ada standar minimal sebagai batas lulus yang harus dicapai siswa. Hal inilah yang semakin mebuat “cemas” para siswa.

Itulah sebabnya sampai sekarang, para kepala sekolah, guru-guru dan siswa pada sibuk untuk mencari berbagi informasi yang berkenaan dengan ujian nasional 2007 ini. “Tolong carikan saya, prediksi soal ujian Nasional 2007 Pak,” kata salahseorang Kepala Sekolah pada saya. Karena sampai saat ini saya belum mendapatkan prediksi soal-soal yang dimaksudkannya itu, maka saya jawab saja, ” nanti kalau sudah ada, akan saya beritahu Bapak,” kata saya meyakinkan.

Kita tidak mengetahui dengan jelas, apakah tingkat kecemasan dalam menghadapi ujian nasional 2007 ini antara desa dan kota sama. Yang jelas dari beberapa pengalaman pelaksanaan ujian nasional yang di laksanakan di negara kita ini, justru sekolah di desa-desalah yang sama sekali tidak pernah “mengeluh”, bahkan di daerah “terisolir” yang gurunya sama sekali tidak memadai, justru jarang kita dengar keluhan-keluhan.

Buktinya, dari data-data yang kita terima untuk kelulusan, lebih banyak siswa-siswa yang berdomisili di kota-kota yang sering “gagal” dalam menghadapi Ujian Nasional, bahkan ada presentase kelulusannya sangat “memalukan”. Sementara di desa-desa sering kita dengar banyak yang lulus seratus persen. Memang saya kira sampai saat ini belum ada penelitian yang sampai mengkaji kebenaran ini, tapi itulah kenyataannya.

Saya yakin, para pemikir dalam pelaksanaan Ujian Nasional ini sudah memikirkan berbagai kemungkinan-kemungkinan yang terjadi di lapangan, bahkan sudah dibantu lagi dengan adanya tim independent. Mudah-mudahan saja apa yang dipikirkan oleh para ahli-ahli pendidikan di negeri kita ini, bisa sesuai dengan kenyataan dilapangan. Bagaimana tanggapan anda !

2 responses to ““RENUNGAN” UJIAN NASIONAL 2007

  1. Bapa DIKNAS,saya mao tanya tujuan dari Ujian Nasional sekarang?

  2. Pak, angka 100 % lulus UN itu harus diselidiki, saya gak yakin dengan angka-angka 100 % itu, karena pada kenyataannya UN itu banyak celah untuk melakukan “kerja bakti”….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s