“UNEK-UNEK” TENTANG KTSP

f__mssemc_mediaf_3_image_pesanan_dsc00163_2_.JPG

Oleh : Wannef Jambak

(Sebuah pengalaman )

Nama saya , Wannef Jambak, saya asal Sungai Aur, Pasaman Barat (Sumbar), oleh Pemerintah sekarang saya ditugaskan sebagai guru/ konselor sekolah dan tugas tambahan sebagai wakil kepala sekolahdi SMP Negeri 2 Sirandorung, Tapanuli Tengah.

Karena “gaji saya hanya pas-pasan” saya harus menabung sedikitnya setahun baru bisa”mudik” ke Padang tempat mertua saya, terus baru dilanjutkan ke kampung saya di Pasaman. Untung saja anak saya tidak ” minder” melihat Bapaknya masih pakai sepeda “butut”.

Sama anak saya selalu bilang, :”sabar ya, nak ! nanti kalau gaji Bapak dinaikkan pemerintah, Bapak akan membeli honda Cup keluaran tahun 75 itu, biar Bapak ndak terlambat sekolah, dan baju Bapak tidak kena semprot mobil mewah murid saat melintas di jalan becek lagi !”

Saya bilang pada anak saya lagi, ” di sekolah Bapak sudah ada kurikulum baru, namanya KTSP, saya tidak nbisa menjelaskannya secara panjang lebar apa itu KTSP, namun saya katakan padanya berdo’a saja, mudah-mudahan “kesejahteraan Bapak, serta kawan-kawan Bapak sesama guru diperhatikan pemerintah, berkat adanya KTSP ini.” kata saya bercerita sedikit.

Semula saya, tidak tau apa itu KTSP. Di sekolah saya lain lagi katanya KTSP itu adalah Kerja Terus Sampai Pagi, akhirnya saya jadi penasaran, dan saya tidak peduli lagi, “biar ajalah nanti lama-lama kan tau juga.” pikir saya.

Akhirnya, saya jadi kelabakan begitu atasan saya mememerintahkan saya untuk mensosialisasikan KTSP dan plus penentuan penetapan KKM, maklum saya tidak kebagian untuk diikutsertakan sosialisasi ke Medan beberapa waktu lalu, kawan saya yang ikut tidak ada yang berani tampil sebagai tutor.

Akhirnya saya ambil “kendali” dengan modal-pas-pasan perasaan saya (untung ada WordPress):bagaikan guru besar: ha…haa.. ” Kalau begini, tentukan KKM, buart RPP, buat silabus, buat kalender, mendalami materi, buat ini, buat itu, lalu kapan kami tidur Pak ? dan apakah kami termasuk “lembur” pak ???” tanya mereka.

“Nanti kalau masalah gaji, akan saya tanyakan ke “atas” sekarang kerja dulu !, tapi kalau tahun 2008 nanti kurikulum di ganti lagi, kalian harus siap ! ” kata saya meyakinkan.

Silakan komentar anda !

5 responses to ““UNEK-UNEK” TENTANG KTSP

  1. SAYA SALUTTT.., PADA SAUDARA..
    MUDAH”AN TUHAN AKAN MEMBALASNYA DENGAN KEBAIKAN..

  2. My opinion…
    KTSP merupakan salah satu penerapan kurikulum secara menyeluruh dengan peningkatan mutu dan kualitas yang terpadu dalam dunia pendidikan.

  3. jhontry Tumanggor

    saya juga sangat setuju sekali konseling ter sebut diadakan disekolah2,untuk mendidik anak anak sebagai tunas bangsa,untuk menciptakan moral yang baik, karena ini adalah merupakan cermin dari moral bangsa kita kedepan.

  4. yang penting masih punya ” SEMANGAT” kan pak ? mari kita sama-sama berjuang…… NERDEKA…..!!!!

  5. Mantap bana perjuangan mamak/kakak, tetap semangat,,semoga apo nan dikarajokan manjadi amal ibadah

    Yunaldi Jambak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s