INI DIA KONSELOR KITA

dargon | go2nelok@yahoo.co.id | IP: 203.130.243.42

terima kasih saya terkesan mengenai tulisan bapak tentang bimbingan konseling. kalau boleh saya minta komentar bapak mengenai managemen Bk disekolah dasar terutama dari sudut managemen. terimakasih atas kerjasamanya.

jhontry Tumanggor | manggor_3@yahoo.co.id | IP: 202.153.241.3

saya juga sangat setuju sekali konseling ter sebut diadakan disekolah2,untuk mendidik anak anak sebagai tunas bangsa,untuk menciptakan moral yang baik, karena ini adalah merupakan cermin dari moral bangsa kita kedepan.

Jul 8, 4:48 PM — [ Ubah | Hapus | Tak disetujui | Setuju | SPAM ] — “UNEK-UNEK” TENTANG KTSP

eko edy prayitno | ekoedipfani@yahoo.com | smp1sragi.blogspot.com | IP: 61.94.167.54

mohon dikirimkan cara perhitungan secara detail tentang penetapan angka KKM per mapel tingkat SMP kurikulum 2006 ( KTSP )

Jun 2, 4:36 AM — [ Ubah | Hapus | Tak disetujui | Setuju | SPAM ] — LANGKAH-LANGKAH MENETAPKAN KKM

I..gedes Mks | i_gede@yahoo.co.id | IP: 125.162.210.13

Bagaimana menetapkan intake siswa ? Jika seorang siswa intakenya rendah berarti siswa yang lain juga rendah dalam suatu sekolah?

Mei 10, 4:21 AM — [ Ubah | Hapus | Tak disetujui | Setuju | SPAM ] — LANGKAH-LANGKAH MENETAPKAN KKM

Rara | Rara_Pienkiest@yahoo.com | Yahoo.com | IP: 124.195.14.211

KTSP merupakan salah satu cambuk peningkatan mutu pendidikan di Indonesia, yang mengacu pada peningkatan mutu dan kualitas standar pendidikan nasional. Mencakup aspek Kognitif, Afektif dan Psikomotorik secara maksimal dengan berorientasi pada kemajuan dunia pendidikan kita. Welcome to KTSP in Indonesia Education.

Mei 9, 1:59 PM — [ Ubah | Hapus | Tak disetujui | Setuju | SPAM ] — “UNEK-UNEK” TENTANG KTSP

Ardian Prihantoro | a_memed@yahoo.co.id | Yahoo.com | IP: 124.195.14.211

My opinion…
KTSP merupakan salah satu penerapan kurikulum secara menyeluruh dengan peningkatan mutu dan kualitas yang terpadu dalam dunia pendidikan.

Mei 9, 1:54 PM — [ Ubah | Hapus | Tak disetujui | Setuju | SPAM ] — “UNEK-UNEK” TENTANG KTSP

Rara | Rara_Pienkiest@yahoo.com | Yahoo.com | IP: 124.195.14.211

Menurut saya dengan adanya KTSP maka prosedur dan sistematika pendidikan di Indonesia semakin jelas dan terarah, mencakup aspek Kognitif, Afektif dan Psikomotorik secara lebih maksimal. Welcome to KTSP in Indonesian Education.

Mei 9, 1:51 PM — [ Ubah | Hapus | Tak disetujui | Setuju | SPAM ] — “UNEK-UNEK” TENTANG KTSP

iwan | gloiwan@yahoo.co.id | iwangerobak.blogspot.com | IP: 125.161.200.54

Betul pak, saya setuju itu, BK itu sampai sekarang masih menjadi anak tiri dan kurang mendapatkan perhatian dari pemerintah…..ada kesan BK itu cuma jadi pajangan dan cuma jadi pelipur lara saat-saat “darurat” disekolah…

Mei 8, 7:01 AM — [ Ubah | Hapus | Tak disetujui | Setuju | SPAM ] — BIMBINGAN KONSELING JADI “ANAK TIRI”

amrizal lubis, ST | rizal_4374@yahoo.co.id | IP: 202.152.175.182

saya juga salah satu pemerhati pendidikan, saya juga merasa kasihan benar dengan sistem pendidikan di Indonesia tercinta ini.
kalau masalah kurikulum aduh semua bisa dibilang masihamburadul. ada banyak faktor sebenarnya yang menyebabkan hal ini terjadi.
1. kesiapan dari SDm yang kurang menerima kemajuan.
2. ketidak relaan para senior-senior pendidikan untuk segera berubah.
3. Pendidikan sudah berubah tujuan, sudah dijadikan bisnis, dan sebagi mata pencarian.
4. Kasihan peserta didik sekarang.

Mei 3, 6:00 AM — [ Ubah | Hapus | Tak disetujui | Setuju | SPAM ] — KOMENTAR ANDA !!!

amrizal lubis, ST | rizal_4374@yahoo.co.id | IP: 202.152.175.182

Assalamu”alaikum Wr.Wb
Perkenalkan saya adalah salah satu putra daerah dari Pasaman barat, tepatnya lahir di Rojang Ujung Gading. saat ini saya juga salah satu tenaga pendidik, yang bekerja di Politeknik Negeri Medan, dosen tetap, bekerja mulai dari tahun 2000 s/d sekarang. pendidikan ya masih S1 dari jurusan teknik elektro USU. namun Alhamdulillah saat ini saya sedang mengikuti program magister ilmu komputer.

Mei 3, 5:54 AM — [ Ubah | Hapus | Tak disetujui | Setuju | SPAM ] — MARI GUNAKAN SITUS INI UNTUK BERBAGI PENGALAMAN UNTUK KEMAJUAN DAN MENUNJANG PROFESI

fran randra | fran_randra@yahoo.com | tyurth | IP: 63.219.6.216

thrh

Apr 24, 5:22 AM — [ Ubah | Hapus | Tak disetujui | Setuju | SPAM ] — Pedoman UN 2007

Andy Latief | giant_ant_07@yahoo.com | IP: 202.180.48.68

Selamat mencerdaskan bangsa pak, ambo kagum sama bapak, ambo mantan guru smu swasta di duri jurusan bahasa Inggris kini jadi “kutu balai” di Bali.

Apr 21, 11:36 AM — [ Ubah | Hapus | Tak disetujui | Setuju | SPAM ] — KOMENTAR ANDA !!!

Diding Fahrudin | dfahrudin@yahoo.com | IP: 152.118.24.10

Yah, memang pemerintah selalu berniat untuk melakukan perbaikan. Tetapi sayang sosialisasi dan hal-hal terkait tidak diurus dengan baik. Teman-teman bilang KTSP itu KaTe SiaPe. Kasihan p dan b guru. Sangat direpotkan.

Apr 20, 11:29 AM — [ Ubah | Hapus | Tak disetujui | Setuju | SPAM ] — MARI”MENIKMATI” KTSP

ade saefudin | yc1ade@telkom.net | IP: 202.138.226.3

kaeadaan seperti itu tidak jauh berbeda dengan keadaan di sekolah saya , kita petugas bimbingan dan konseling dilirik dan sebelah mata , berbahagia lah bagi mereka yang sudfah dilirik kedua mata, mengenai kurikulum ktps khususnya tentang pengemabangan diri itu kelapangan terjadi salah tafsir kah aatau mememang diforsikan sepereti itu , pengemabangan diri situ sudah dari dulu kita mengenalnya dan melaksanakannya , toh kenyataan sekaran yang diangkat dilapagan pengembangan diri diarahkan pada ekskul dan itu kita berada pada posisi dibawah pks dalam hal segala sesuatu dintentukan dri pks , yang setidak kita meberikan kepada mereka , hal inilah yang terjadi dilapang , jangan hanya kita petugas bk yang diberi penataran tentang pengembangan diri , tapi para kepala sekolah dan PkS juga perlu atau setidaknya kepala dinas, pengawass yang diberikakn
terima kasih

Apr 17, 5:58 AM — [ Ubah | Hapus | Tak disetujui | Setuju | SPAM ] — MAU DIAPAKAN BK KITA !

Irma Kusumawati | bulan_maroon@yahoo.com | IP: 222.124.26.70

Saya juga sempat menemukan satu fenomena yang mengejutkan sekali ketika saya melakukan kegiatan PPL di salah satu sekolah favorit di Kota Malang. Banyak siswa yang tidak mengenal apa sebenarnya BK itu…Saya jadi bertanya-tanya seperti apa BK disosialisasikan di sekolah selama ini? Mereka justru lebih memilih ahli psikologi untuk menangani mereka. Padahal sebenarnya jika dilihat dari lapangan penanganannya, sarjana psikologi sebenarnya menangani manusia yang abnormal sementara BK menangani manusia normal. Seandainya mereka tahu bahwa BK itu sebenarnya adalah tempat refreshing dan penerima seluruh keluh kesah mereka, mereka tidak akan berusaha menutup-nutupi kondisi pribadi mereka.

Apr 16, 10:18 AM — [ Ubah | Hapus | Tak disetujui | Setuju | SPAM ] — PERLUNYA BIMBINGAN KONSELING DI SEKOLAH

siswa | imam_boenjoel@yahoo.co.id | tokocom | IP: 202.123.224.88

pak soal ujian dpt bocoran ga?
sya tkut klo tdk lu2s?
gmn cranya agar sya lu2s?pd hal sya da maksil belajarnya

Apr 15, 4:50 AM — [ Ubah | Hapus | Tak disetujui | Setuju | SPAM ] — “RENUNGAN” UJIAN NASIONAL 2007

BAEHAKI | IP: 202.137.7.252

SAYA SALUTTT.., PADA SAUDARA..
MUDAH”AN TUHAN AKAN MEMBALASNYA DENGAN KEBAIKAN..

Apr 10, 3:33 PM — [ Ubah | Hapus | Tak disetujui | Setuju | SPAM ] — “UNEK-UNEK” TENTANG KTSP

-viNa- | olivey_21@yahoo.com | IP: 125.162.71.14

toLong!!!!! kasih soal UAN 2007 SMP untuk paket A DAN B…. kasiiaan kamiii….korban guru killer

Apr 8, 9:51 AM — [ Ubah | Hapus | Tak disetujui | Setuju | SPAM ] — Pedoman UN 2007

Muhammad Arsyad | mma_mars@yahoo.co.id | IP: 61.94.172.129

Menunggu Uji Sertifikasi Konselor / Guru Pembimbing Profesional
Oleh : Muhammad Arsyad*

Sebelas agenda reformasi di bidang pendidikan yang ditulis oleh Prof. DR. H.A.R. Tilaar, M.Sc.Ed. dalam buku beliau ”Beberapa Agenda Reformasi Pendidikan Nasional Dalam Perspektif Abad 21” yang dua diantaranya adalah ”Pelaksanaan Azas Profesionalisme” dan ”Peningkatan Mutu Profesi Guru” sudah tampak mulai terealisasi. Dengan latar berlakunya Undang-undang Nomor : 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, muncul pula Undang-undang Nomor : 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Dikeluarkan pula Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, yang didalamnya antara lain mengatur Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan.
Menurut informasi yang dapat dipertanggungjawabkan (dibeberapa kegiatan ilmiah dengan nara sumber dari Dirjen Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Depdiknas) saat ini sedang dalam tahap akhir penggodokan terhadap RPP atau Peraturan Mendiknas tentang Guru, Peraturan Mendiknas tentang Kepala Sekolah, Peraturan Mendiknas tentang Pengawas Sekolah, dan tak ketinggalan Peraturan Mendiknas tentang Konselor yang dahulu dikenal dengan Guru Pembimbing / Guru BP.
Upaya standardisasi profesi konseling (Mungin E.W., 2005) yang sedang dijalankan sekarang ini didasarkan pada pemikiran bahwa pelayanan konseling yang diarahkan untuk membantu pengembangan individu dalam setting sekolah dan masyarakat luas. Pelayanan ini harus diselenggarakan oleh tenaga ahli profesional. Oleh karena itu pula pendidikan tenaga profesi konseling yang selama ini dilaksanakan di LPTK baik pada jenjang S-1, S-2, maupun S-3 perlu diarahkan terus untuk profesionalisasi konseling.
Profesi konseling merupakan keahlian pelayanan pengembangan pribadi dan pemecahan masalah yang mementingkan pemenuhan kebutuhan dan kebahagiaan pengguna sesuai dengan martabat, nilai, potensi, dan keunikan individu berdasarkan kajian dan penerapan ilmu dan teknologi dengan acuan dasar ilmu pendidikan dan psikologi yang dikemas dalam kaji-terapan konseling yang diwarnai oleh budaya pihak-pihak yang terkait. Artinya paradigma konseling adalah pelayanan bantuan psiko-pendidikan dalam bingkai budaya.
Dengan latar belakang pengalaman terjadinya ragam pemaknaan dan pemahaman terhadap bimbingan dan konseling, menghadapkan konselor kepada konflik, ketidakkonsistenan, dan ketidakkongruenan peran, maka (Sunaryo K., 2005) untuk penegasan profesi konselor di sekolah dianggap perlu melakukan langkah penguatan dan penegasan peran serta identitas profesi, yakni : (1) Memahamkan Para Kepala Sekolah; (2) membebaskan konselor dari tugas yang tidak relevan; (3) mempertegas tanggung jawab konselor; (4) membangun standar supervisi.
Secara lebih khusus pelaksanaan konseling di Indonesia perlu mengimplementasikan nilai-nilai budaya dalam komunikasi konseling. Dalam penerapannya konselor dituntut memiliki keterampilan komunikasi dalam konseling yakni berupa : (1) keterampilan memperhatikan; (2) keterampilan memantulkan perasaan; (3) keterampilan menggunakan pertanyaan untuk membuka interviu; (4) keterampilan menstruktur; (5) keterampilan pemecahan masalah; (6) keterampilan memahami jalan pikiran klien; dan (7) keterampilan memahami tingkah laku klien. (Rosjidan, 2005)

Standardisasi dan Sertifikasi

Jika Guru Mata Pelajaran secara bertahap mulai tahun 2006 / 2007 akan disertifikasi karena dianggap profesi guru sudah distandardisasi baik kualifikasi maupun kompetensinya, dan akan menyusul standardisasi profesi kepala sekolah dan pengawas sekolah, kapankah profesi konselor dinyatakan terstandar ?
Dalam Rakernas Asosiasi Bimbingan dan Konseling (ABKIN) bulan Desember 2006 yang baru lalu di Komplek UNJ Rawamangun, Jakarta, tergambar bahwa Pengurus Besar ABKIN sebagai organisasi profesi yang diakui pemerintah telah menerima pelimpahan tugas untuk menggodok hal-hal yang berkaitan dengan profesionalisasi, standardisasi, dan sertifikasi konselor.

Saat ini Tim Perumus Kode Etik, Kompetensi, dan Kualifikasi profesi konselor yang terdiri atas para pakar bimbingan dan konseling yang umumnya berasal dari FKIP terkemuka di seluruh wilayah Indonesia sedang bekerja sesuai kajian keilmuan yang mereka miliki.
Jika keadaannya demikian, maka pertanyaan ”kapan konselor di sekolah-sekolah akan menjalani sertifikasi sebagaimana guru mata pelajaran yang tahun ini mulai disertifikasi ?” itu bukanlah hal yang terlalu mendasar. Jika organisasi profesi (ABKIN) dan LPTK yang merupakan partner pemerintah dalam pelaksanaan sertifikasi tersebut berhasil menelorkan konsep-konsep yang dapat dijadikan piranti regulasi penataan profesi konselor maka kemauan politik yang sekarang sudah terbuka dari pemerintah yang menjadi gayung bersambut dengan keinginan semua pihak terkait.
Satu hal yang tidak dapat dikesampingkan dalam menyongsong uji sertifikasi konselor ini adalah optimalnya unjuk kerja yang ditunjukkan oleh para konselor di sekolah-sekolah dalam mengemban tugas pokoknya saat ini. Selain itu sang waktu ternyata telah menunjukkan bahwa perjalanan sejarah ke-BK-an di Indonesia selama 30 tahun lebih sejak tahun 1975 sampai sekarang lah yang membentuk kondisi profesi konselor menjadi semakin eksis di dunia persekolahan khususnya. Karena pengalaman memang menjadi guru yang baik bagi orang yang tidak mau kehilangan tongkat dua kali. Kita tunggu sambil berprestasi.-

*) Konselor Sekolah, pada SMPN 4 Martapura, Kalsel.

——–ooOoo——-

Apr 8, 12:13 AM — [ Ubah | Hapus | Tak disetujui | Setuju | SPAM ] — KOMENTAR ANDA !!!

anwar sanusi | anwar_cogan@yahoo.com | UjianNasional | IP: 202.182.48.30

Bapa DIKNAS,saya mao tanya tujuan dari Ujian Nasional sekarang?

Apr 7, 8:48 AM — [ Ubah | Hapus | Tak disetujui | Setuju | SPAM ] — “RENUNGAN” UJIAN NASIONAL 2007

7 responses to “INI DIA KONSELOR KITA

  1. Tolong yang punya silabus BK untuk kurikulum KTSP ini saya dikirimin dong , selama ini saya pake yang KBK … terima kasih

  2. Maaf kelupaan,.. bagi bapak ibu yang punya silabus BK KTSP tolong kirim ke email saya : jackwi@plasa.com .. atau SMP N 3 Delanggu – Klaten Jawa Tengah . Telp ( 0272 ) 551107.. matur nuwun …

  3. saya selaku guru bk di salah satu smu negri, pingin sekali curhat mengenai masalah status saya sebagai guru honor yang tidak mendapatkan perhatian baik dari dinas maupun dari bkd

  4. apakah dari abkin tidak ada peraturan tantang masalah atatus guru bk, apakah tidak ada standarisasi mengenai status guru bk

  5. Perlu saya jelaskan bahwa Guru BK itu tidak ada…yang ada adalah sebutan sebagai Guru Pembimbing….nomenklatur untuk kumpulannya disingkat MGP.
    Bagi teman-teman GP yang ingin memperoleh pedoman pelayanan konseling di sekolah bisa hubungi saya di jarabang@hotmail.com atau di 08111777403.
    Tks ….salam KOPASTA dan AKUR

  6. Pada hakekatnya Guru Pembimbing adalah GURU oleh karena itu status yang disandang adalah GURU. Untuk sertifikasi semestinya menggunakan parameter GURU bukan KONSELOR.

  7. Pelayanan Konseling di sekolah itu merupakan bagian dari kurikulum yang tertuang dalam Permendiknas No. 22 Tahun 2006. Oleh karena itu seluruh satuan pendidikan harus memberikan pelayanan konseling kepada siswa. Sekaran, pelayanan konseling itu ada dalam KTSP

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s